Select Page

Ada yang pernah mendengar alat musik yang satu ini? Alat musik rebab adalah salah satu alat musik populer di Indonesia. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. Umumnya. rebab dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti gamelan, khususnya untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Akan tetapi, di daerah Jawa Barat terdapat dua alat musik gesek selain rebab, yaitu Tarawangsa.

Sebenernya, bahan dasar dalam pembuatan alat musik rebab adalah kuningan. Namun sekarang ini dalam pembuatannya, sudah menggunakan bahan-bahan dari alam, bukan lagi kuningan. Untuk bentuknya sendiri, rebab memiliki dua versi. Pertama adalah rebab yang memiliki tangkai bagian bawah. Sedangkan yang kedua adalah rebab yang tidak memiliki tangkai bagian bawah. Hal tersebut bergantung pada daerah yang menggunakan alat musik tersebut.

Sejarah Alat Musik Rebab

Asal mula alat musik ini yaitu berasal dari Arab. Rebab masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Sampai saat ini, alat musik ini tergolong ke dalam instrumen yang cukup tua. Alat musik rebab telah muncul sejak abad ke-9 Masehi.

Alat musik ini mempunyai julukan tersendiri di masing-masing negara. Jika di Indonesia, alat musik ini dikenal dengan sebutan rebab. Sedangkan di Arab dan juga Persia, alat musik ini disebut rabab. Berbeda lagi dengan India yang menyebut alat ini dengan nama sarod. Namun dari sebutan-sebutan tersebut, asal kata rebab berasal dari Bahasa Arab yang berarti busur.

Namun kini alat musik rebab sering digunakan untuk kegiatan adat di beberapa daerah di Indonesia. Sehingga membuat warna tersendiri yang berbeda dengan permainan lagu dari negara asalnya.

Cara Memainkan Rebab

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa alat musik ini dimainkan dengan cara digesek. Pemain dapat menggesek bagian dawainya menggunakan busur yang sudah disediakan. Seperti alat musik lain, rebab juga memiliki tangga nada yang dikenal sebagai nada pentatonis.

Tangga nada ini tersusun atas lima nada dalam satu oktaf. Berikut ini adalah tiga langkah yang bisa Anda coba untuk memainkan alat musik ini.

  1. posisikan ibu jari tangan kanan di samping kepala rebab
  2. kemudian posisikan jari kedua dan ketiga di bagian kepala rebab, dan posisikan jari keempat dan kelima difungsikan untuk mengeraskan tali
  3. tali tersebut dimainkan di bagian atas kepala rebab
  4. posisikan rebab dengan cara berdiri jika alat musik tersebut tidak memiliki tangkai

Itulah beberapa penjelasan mengenai alat musik rebab. Apakah Anda tertarik untuk memainkan alat musik ini?