Select Page

Sasando merupakan alat musik tradisional dari NTT (Nusa Tenggara Timur). Alat musik ini adalah alat musik berdawai yang tidak mempunyai chord serta dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari. Meski hampir mirip dengan alat musik kecapi dan harpa, akan tetapi sasando mempunyai bentuk dan juga suara yang khas. Kini, sasando tidak hanya populer di Indonesia saja, namun sudah terkenal sampai luar negeri.

Makna dan Fungsi Alat Musik Sasando

Masyarakat Rote biasanya memainkan sasando untuk mengiringi tarian, syair, ataupun cara hiburan lainnya. Alat musik ini mempunyai suara yang bervariasi. Sehingga bisa dimainkan dalam berbagai genre seperti musik pop, tradisional, dan genre lainnya.

Bentuk Alat Musik Sasando

Dibandingkan dengan alat musik tradisional lain, sasando memiliki bentuk yang cukup unik. Pada bagian utama dari alat musik ini mempunyai bentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu. Pada bagian atas dan bawah bambu, terdapat tempat yang digunakan untuk mengatur dan memasang dawainya. 

Sedangkan pada bagian tengah bambu, umumnya diberi penyangga untuk dawai direntangkan. Penyangga ini digunakan untuk mengatur tangga nada. Supaya nada yang dihasilkan memiliki suara yang berbeda-beda. Penyangga ini sering disebut juga sebagai senda. 

Cara Memainkan Alat Musik Sasando

Meski tergolong ke dalam alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Namun sasando mempunyai teknik petikan yang berbeda dengan alat musik lainnya. Biasanya, alat musik ini dimainkan menggunakan dua tangan dari arah yang berlawanan. Tangan sebelah kanan berfungsi untuk memainkan akord. Sedangkan tangan sebelah kiri berfungsi untuk memainkan melodi atau bass.

Dalam memainkan sasando, dibutuhkan harmonisasi teknik dan perasaan. Sehingga bisa menghasilkan nada yang merdu dan enak didengar. Selain itu, alat musik ini juga memerlukan keahlian jari dalam memetik. Sebab, keterampilan dalam memetik sangat berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Terlebih jika bermain sasando dengan tempo nada yang cepat, maka keterampilan tangan dalam memetik sangat diperlukan.

Jenis Alat Musik Sasando

Alat musik sasando mempunyai jenis yang berbeda-beda. Berdasarkan perkembangannya, sasando terbagi menjadi dua jenis, yaitu elektrik dan tradisional. Sasando yang asli adalah jenis alat musik tradisional yang tidak dimainkan dengan alat elektronik lain. Sedangkan sasando elektrik merupakan alat musik yang bisa dimainkan dengan alat elektronik tambahan.

Jika berdasarkan suaranya, sasando dibagi menjadi beberapa tipe, antara lain sasando engkel, gong, dan biola. Sasando engkel adalah jenis sasando yang mempunyai 28 dawai. Sasando gong adalah sasando yang memiliki hasil suara seperti gong. Sedangkan sasando biola adalah sasando yang memiliki hasil suara seperti biola.