Select Page

Anda tentu tahu, Instagram adalah salah satu media sosial yang populer di Indonesia, bahkan termasuk salah satu dari lima media social popular. Instagram memiliki beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik bisnis. Salah satunya adalah fitur Instagram ads, fitur satu ini sama halnya seperti Facebook maupun Google Ads memiliki fungsi yang sama, yaitu mengiklankan bisnis baik produk maupun jasa Anda pada platform yang telah Anda pilih dan disesuaikan dengan target market maupun audiens Anda. 

Menarik ya? Instagram ads dinilai memiliki keefektifan yang lebih, karena memiliki jumlah pengguna yang banyak serta aktif dengan berbagai macam perspektif atau warna setiap orang. 

Agar Anda dapat memanfaatkan fitur satu ini Anda tentu perlu tahu bagaimana cara membuat Instagram ads. Ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan agar berhasil membuat iklan di Instagram. Simak penjelasan cara membuat Instagram ads berikut ini. 

Cara Membuat Instagram Ads

Anda perlu mengetahui bahwa untuk membuat iklan di Instagram, Anda membutuhkan akun Facebook. Pada artikel ini penulis akan mengulas cara membuat Instagram ads dengan cara termudah yaitu melalui Facebook ads manager. 

Menentukan Tujuan Campaign 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan dari iklan Anda. Facebook akan membantu Anda menemukan format iklan. Berikut beberapa format iklan yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan iklan Anda dan tentu saja dapat digunakan untuk iklan Instagram. 

a) Brand awareness, b) local awareness, c) reach, d) traffic, e) engagement, f) all installs, g) video views, h) lead generation, i) conversions, j) product catalog sales, k) store visits. 

Itulah sebelas format iklan yang dapat Anda pilih. Facebook akan membantu Anda untuk menyesuaikan bidding options serta auto optimization agar format iklan sesuai dengan tujuan campaign atau iklan Anda. 

Membuat Judul Campaign 

Langkah kedua ini sama pentingnya dengan langkah pertama. Anda perlu memberi nama atau membuat judul untuk Instagram ads. Selain itu Anda perlu menambahkan perkiraan tanggal iklan Anda akan tayang. 

Mengatur Target Audiens 

Langkah ketiga adalah mengatur target audiens dari iklan Anda. Pada tahap ini Anda akan diberikan dua pilihan yaitu a) membuat target audiens baru atau b) menggunakan audiens yang sudah ada sebelumnya. 

Pilihlah salah satu dari opsi yang disediakan oleh Facebook. Anda perlu mengingat bahwa menentukan target audiens akan mempengaruhi biaya iklan Anda serta efektivitas iklan Anda. 

Mengatur Penempatan Iklan

Langkah keempat adalah menentukan penempatan iklan Anda ketika akan tayang. Facebook menyediakan beberapa pilihan untuk Anda, yaitu a) facebook news feed (tersedia di mobile maupun desktop), b) sebelah kanan pada halaman facebook, c) Instagram, d) audience network, e) instant articles, f) in stream video. 

Pada langkah keempat ini, Anda akan memilih penempatan tayang di Instagram, agar iklan atau campaign Anda dapat tayang di Instagram. 

Memilih Format Instagram Ads

Anda perlu memilih format iklan Anda yang akan muncul di Instagram, berikut tujuh format iklan di Instagram. 

  1. Single image ads, merupakan format iklan Instagram yang hanya memerlukan gambar, caption gambar serta tombol call to action (CTA). 
  2. Instagram carousel ads, format Instagram ads yang memungkinkan untuk memilih 10 gambar serta video dalam satu iklan. 
  3. Instagram video ads, sesuai dengan Namanya format satu ini berbentuk video atau GIF. 
  4. Slideshow ads, anda dapat menampilkan 10 gambar serta menambahkan musik. 
  5. Instagram lead ads, format satu ini akan membawa audiens Anda menuju halaman baru tanpa harus keluar dari platform Instagram. Anda dapat menanyakan informasi audiens melalui formular yang Anda sertakan, jangan lupa untuk menyertakan privacy policy agar audiens Anda yakin atas keamanan data. 
  6. Instagram stories ads, format ketujuh merupakan format iklan yang akan muncul pada stories, iklan Anda dapat berupa video maupun foto yang berdurasi 15 detik. 

Membayar Biaya Iklan Instagram 

Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran untuk campaign Anda. Instagram ads mematok harga yang cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 25.000 saja selama satu hari masa iklan tayang. 

Anda dapat menganggarkan biaya iklan Anda dalam masa waktu tertentu, contohnya Anda menganggarkan biaya sebesar Rp 500.000 untuk masa tayang iklan selama satu minggu. 

Pembayaran iklan dapat dilakukan melalui kartu debit maupun kredit mastercard. 

Nah itulah kelima cara membuat Instagram ads melalui Facebook. Mudah bukan? Anda perlu mengikuti setiap tahapannya serta memastikan bahwa Anda telah memiliki akun Facebook maupun Instagram dan perencanaan iklan yang matang. Selamat mencoba !