Select Page

Pernahkan kalian mendengar kata Ansambel? Ansambel adalah kata yang berasal dari bahasa Perancis yang berarti rombongan musik. Menurut pengertian dari KBBI, ansambel adalah kelompok pemusik yang bermain secara tetap.

Alat musik ansambel merupakan jenis alat musik yang berbeda-beda tetapi dimainkan secara bersamaan sehingga menghasilkan perpaduan musik yang indah.

Saat ingin membangkitkan semangat, perasaan atau menghilangkan stress, salah satu metode terbaiknya adalah mendengarkan sebuah lagu.  Di sini lah alat musik ansambel berperan penting untuk memperindah dan menciptakan rasa yang lebih dalam dari sebuah lagu.

Untuk lebih mengenal tentang alat musik ansambel, mari kita mulai dari jenis musiknya terlebih dahulu.

Beberapa Jenis Musik Ansambel

Di dalam musik ansambel  pengelompokannya dibedakan menjadi tiga jenis, berdasarkan penyajiannya, berdasarkan peranan dan fungsinya, dan berdasarkan golongan alat musiknya. Baiklah mari kita langsung ke pembahasannya.

 

Berdasarkan  Penyajiannya

Musik ansambel dalam penyajiannya dibagi menjadi dua, sebagai berikut :

1. Musik ansambel sejenis

Untuk bentuk penyajiannya musik ansambel sejenis, menggunakan alat-alat musik sejenis. Contohnya ansambel rekorder.

2. Musik ansambel campuran

Dalam bentuk penyajiannya, musik ansambel campuran menggunakan beberapa macam jenis alat musik yang berbeda. Seperti Gitar, simbal, tamborin, triangle, dan pianika.

 

Berdasarkan Peranan dan Fungsinya

Jika berdasarkan peranan dan fungsinya,  musik ansambel dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu :

1. Ansambel Melodis 

Merupakan alat musik yang di gunakan untuk mengatur irama permainan dari rangkaian nada yang menjadi melodi lagu. Beberapa contoh ansambel melodi adalah rekorder, piano, pianika, terompet, harmonica, tamborin dan biola.

2. Ansambel Ritmis

Alat music asambel ritmis  berfungsi untuk mengatur irama dari sebuah lagu. Contohnya drum set, triangle, gong, tamborin, dan gendang.

3. Ansambel Harmonis

Musik ansambel harmonis merupakan alat musik yang digunakan untuk mengatur irama lagu dan memainkan melodi di suatu lagu.

 

Berdasarkan Penggolongannya

Jika kita berbicara mengenai golongan alat musik, ansambel terbagi menjadi dua jenis yaitu sumber bunyi dan cara membunyikannya.

1. Sumber bunyi

Akrofon

Yang pertama yaitu aerofon, alat musik aerofon merupakan alat musik yang bunyinya bersumber dari hembusan udara yang tersedia pada rongga. Beberapa contoh alat musiknya adalah seruling, harmonica, trompet dan trombone.

Idiofon

Alat musik idiofon adalah alat musik yang dimana sumber dari bunyinya itu berasal dari bahan dasarnya sendiri. Alat music ini akan berbunyi secara langsung apabila disentuh, karena sejak awal sumber bunyinya berasal dari alat itu sendiri. Contohnya : Angklung, gong, kabasa dan kolintang.

Membranofon

Membranofon adalah alat musik yang bunyinya bersumber dari selaput plastik atau membrane. Contohnya : drum, tam-tam, tifa, rebana dan kendang.

Elektrofon

Elektrofon merupakan jenis alat musik dimana untuk menghasilkan bunyi membutuhkan bantuan dari tenaga listrik. Contohnya : Gitar listrik, keyboard, piano listrik, dan bass listrik.

Kordofon

Yang terakhir adalah kordofon, alat music jenis ini menghasilkan bunya yang berasal dari dawai atau tali yang ada. Contoh alat music ini adalah gitar, biola, bass, dan kecapi.

2. Cara Memainkannya

Alat Musik Pukul

Cara yang pertama dalam memainkan alat music untuk menghasilkan bunyi adalah dengan cara di pukul atau di tabuh. Alat music jenis ini terbagi menjadi dua yaitu yang bernada dan tidak bernada. Suara yang dihasilkan instrument ditentukan oleh bentuk dan bahan bagian-bagian alat music serta bentuk rongga getar kalau ada.

Contoh alat music pukul yaitu drum, gendang, bongo, dan saron.

Alat Musik Petik

Alat musik jenis ini menghasilkan suara ketika senar yang ada pada alat musik digetarkan dengan cara dipetik. Tinggi atau rendahnya nada ditentukan tergantung seberapa panjang atau pendeknya dawai yang ada.

Alat Musik Gesek

Seperti alat musik petik, alat musik gesek juga menggunakan senar. Namun bedanya, untuk menghasilkan bunyi kita harus menggesek dawai yang ada pada alat musik. Tinggi atau rendahnya nada di alat musik gesek juga sama ditentukan oleh seberapa panjang atau pendeknya dawai yang ada.

Contoh alat musik gesek adalah biola, rebab, dan selo.

Alat Musik Tiup

Alat musik tiup dapat menghasilkan suara di saat suatu koom udara di dalamnya digetarkan dengan cara ditiup. Tinggi rendahnya nada ditentukan oleh seberapa panjang atau pendek frekuensi gelombang yang dihasilkan. Juga terkait dengan bentuk instrumen, panjang kolom udara dan bahan dasarnya. Contoh alat music ini yaitu seruling, klarinet, dan trompet.

Alat Musik Getar atau digoyangkan.

Alat musik getar akan berbunyi apabila badan dari alat musik itu sendiri di goyangkan. Tinggi rendahnya nada tergantung bentuk dan bahan pembuatannya.

Contoh alat musik ini adalah angklung, marakas, kecrek dan tamborin.

Itulah penjelasan mengenai Alat Musik Ansambel, Apakah kalian tertarik ingin mencoba salah satu dari alat-alat musik di atas? Sekian, saya harap kalian enjoy saat membacanya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.