Select Page

Musik adalah suatu bentuk kesenian yang merupakan bagian dari kehidupan manusia di bumi. Musik merupakan sarana dan prasarana untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan. Musik juga dapat dikatakan sebagai alat untuk berimajinasi.
Untuk menghasilkan musik yang merdu diperlukan alat musik juga. Alat musik adalah komponen perangkat untuk menghasilkan suara musik yang merdu. Menurut fungsinya, alat musik dibagi menjadi 3 yaitu alat musik melodis, harmonis dan ritmis.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai alat musik ritmis dan cara memainkannya. Yuk simak informasinya untuk mengenal lebih lanjut tentang alat musik ritmis.

Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis adalah alat musik yang digunakan untuk mengatur dan mengiringi tempo lagu. Selain itu, alat musik ini dapat melengkapi keharmonisan musik. Terdapat beberapa macam alat musik ritmis antara lain :

1. Bass

Bass merupakan salah satu alat musik ritmis yang dimainkan dan digunakan dengan cara dipetik. Alat musik ini berfungsi untuk memainkan nada pada tempo rendah sampai sedang. Nada yang dipetik akan mendekati rentang batas pendengaran, oleh karena itu nada ini akan sering terasa di dalam tubuh manusia.

Untuk menghasilkan nada yang merdu, alat musik ini membutuhkan udara dan senar yang panjang. Badannya terbuat dari kayu dan berbahan ringan. Jenis kayu yang paling sering digunakan untuk membuat badan bass adalah kayu abu dan mahoni.

2. Gong

Gong termasuk salah satu alat musik ritmis yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini berbentuk datar melingkar yang terbuat dari logam. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan palu. Gong dapat menghasilkan nada tertentu dan biasanya alat musik ini lebih sering digunakan dalam acara tradisional.

Alat musik ini berkembang secara berbeda setiap daerah. Biasanya alat musik ini berbentuk datar, tetapi ada juga beberapa yang memiliki bentuk seperti kubah di tengah. Selain terbuat dari logam, sebagian besar alat musik ini terbuat dari perunggu atau kuningan. Penyesuaian warna dan tekstur pada gong ini disebabkan pada saat pembuatan gong.

3. Tamborin

Tamborin termasuk alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara ditabuh. Tamborin terdiri dari bingkai, kayu, dengan jingle logam yang kecil. Jingle logam ini disebut dengan “zil” yang akan bernada indah saat dimainkan. Alat musik ini mempunyai bentuk melengkung.

Cara memainkan tamborin yaitu dengan memegangnya menggunakan tangan dalam posisi tegak disalah satu tangan. Sedangkan tangan yang satunya digunakan untuk memukul bagian tengah tamborin untuk mengeluarkan suara.

4. Timpani

Timpani juga tergolong dalam kategori alat musik ritmis. Agar menghasilkan suara yang indah alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Timpani mempunyai struktur yang sederhana.
Alat musik ini hampir sama dengan drum, tetapi nada yang dihasilkan timpani lebih kencang, sehingga nada C-D-E dapat dibedakan dengan jelas.

Cara memainkannya dengan memukul bagian kepala drum yang diletakkan di atas badan drum. Hantaman palu ini dapat menyebabkan drumhead bergetar dan mengeluarkan suara. Getaran ini kemudian di transmisi ke cangkang untuk membuat drum beresonansi dengan nada yang merdu.

5. Castanets

Castanets merupakan alat musik ritmis yang lebih banyak digunakan di Negara lain, seperti Spanyol, Italia, Swiss, Ottoman dan Portugis. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan terbuat dari kayu. Castanets terdiri dari 1 pasang cangkang cekung yang kemudian disatukan menggunakan seutas tali.

Cara memainkan alat ini dengan memegangnya ditangan dan digunakan untuk mendapatkan petikan untuk aksen birama dengan suara petikan yang cepat. Biasanya pemain menggunakan dua alat musik ini yang dipegang di masing-masing tangan. Kemudian tali diikatkan pada ibu jari dan alat musik diletakkan di telapak tangan.

6. Triangle

Triangle merupakan salah satu alat musik ritmis modern. Triangle terbuat dari logam dan ditempa untuk membuatnya seperti segitiga. Alat musik ritmis ini dimainkan dengan diketuk atau dipukul menggunakan tongkat besi kecil. Nada yang dihasilkan dari alat musik ini mempunyai suara nyaring dan tinggi.

Cara menggunakannya dengan digantungkan pada tangan kiri dan tangan kanan memukulnya menggunakan besi pemukul yang berukuran kecil. Triangle ini biasanya dimainkan dalam musik orkestra.

Itulah beberapa macam alat musik ritmis dan cara memainkannya. Meskipun terbilang cukup mudah untuk dimainkan . Tetapi jika tidak berlatih, maka tempo dan nada yang dihasilkan akan kurang enak di dengar. Selagi masih banyak waktu perbanyaklah berlatih untuk mengatur tempo lagu dan tempo musiknya.