Select Page

Bermain alat musik memang bukanlah hal yang mudah. Tentu banyak sekali orang yang bertanya bagaimana cara seseorang bisa memainkan alat musik itu. Hal ini bukan dari bakat tetapi butuh proses yang tidak sebentar untuk bisa mahir memainkannya. Maka dari itu mengenal dan mengetahui contoh alat musik melodis adalah suatu hal yang penting.

Perlu pengetahuan dasar hingga tinggi agar bisa mengeksplorasikan dengan jenis suara lainnya. Dengan cara memukul, menekan, memetik, ataupun meniup bagian-bagian alat musik tertentu. Dan suara yang dihasilkan pun berbeda-beda.

Contoh Alat Musik Melodis

Di dalam seni musik ada yang namanya alat musik melodis. Apa itu alat musik melodis? Alat musik melodis adalah suatu jenis alat musik yang menghasilkan melodi dan nada. Sangat banyak sekali contoh alat musik melodis.

Suara yang dihasilkan alat musik melodis cenderung lebih bernada dan merdu. Karena alat musik melodis bisa mengatur nada yang pas. Selain itu, bermacam-macam nada yang dihasilkan dari alat musik melodis. Tergantung pada jenis alat musiknya.

Alat musik melodis biasanya memiliki komponen yang kompleks. Terdapat banyak bagian atau tombol yang harus dipahami apa fungsinya. Karena itu belajar alat musik melodis lebih susah daripada belajar alat musik ritmis.
Banyak sekali contoh alat musik melodis. Dan juga memiliki keunikan nada tersendiri. Berikut contoh alat musik melodis.

1. Angklung

Alat musik ini termasuk salah satu dari alat musik melodis. Angklung juga termasuk alat musik tradisional di Indonesia. Alat musik khas Jawa Barat ini terbuat dari bambu berbentuk bilah-bilah yang tersusun rapi dalam 1 bingkai bambu juga. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan digoyangkan. Suara yang dihasilkan dari bambu tersebut menghasilkan nada yang berbeda beda.

Jenis bambu buluh Jawa dan bambu hitam merupakan bahan utama dari angklung. Jenis bambu ini banyak sekali tumbuh di wilayah Jawa. Dulu pada saat era penjajahan Belanda, angklung dimainkan untuk menggugah semangat melawan penjajah sebagai instrumen.

Karena itu alat musik angklung sempat dilarang oleh penjajah. Dan hanya boleh dimainkan oleh anak-anak kecil dan saat upacara tertentu saja.

2. Kecapi

Alat musik dengan cara dipetik ini merupakan alat musik tradisional di Indonesia. Dengan bentuk trapesium dan di bagian atasnya ada dawai yang ujungnya diikat pada sekrup-sekrup kecil. Kecapi yang bentuknya menyerupai perahu merupakan kecapi khas masyarakat Sunda.

Di bagian bawah terdapat lubang resonansinya. Di dalam instrumen, Kecapi rincik atau kecapi yang memiliki berukuran kecil, sedangkan yang berukuran besar disebut kecapi indung. Jenis tersebut masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Kecapi diperkirakan berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Namun di sumber tertentu kecapi juga bisa ditemui di China dengan memiliki nama Guzheng. Kecapi di masyarakat Sunda biasanya sebagai pengiring utama dalam orkes. Seperti contohnya pentas Mamaos Cianjuran.

Namun seiring berkembang zaman alat musik melodis ini juga digunakan sebagai pengiring musik pop. Tak jarang banyak ditemukan orkes pop yang diiringi menggunakan alat musik kecapi.

3. Suling

Selain angklung, suling juga salah satu alat musik melodis yang berasal dari bambu. Suling sendiri merupakan alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Bentuknya seperti tabung panjang dan biasanya memiliki panjang sekitar 30 cm.

Di bagian badan suling terdapat lubang-lubang yang berfungsi untuk pengatur nada. Cara memainkannya yaitu dengan meniupkan udara dari mulut suling. Udara tersebut akan membentur dinding suling dan menghasilkan suara yang merdu.

Untuk suling modern biasanya berbahan dari logam perak. Umumnya suling dipakai untuk instrumen dalam Gamelan. Seiring perkembangan musik di Indonesia, Suling juga dipakai untuk mengiringi lagu yang bergenre dangdut.

4. Piano

Piano adalah salah satu alat musik melodis yang paling ikonik. Memiliki bentuk yang berukuran besar dan memiliki tiga buah kaki untuk penyangga di bagian bawah.

Getaran dari senar itu yang kemudian menghasilkan suara bernada indah dari piano. Piano modern terbuat dari bahan logam yang cukup berat. Piano sebagai bagian dari instrumen orkestra, namun piano juga pengiring lagu genre jazz dan pop.

5. Biola

Contoh alat musik melodis ini merupakan alat musik yang memiliki dawai. Cara memainkan biola yaitu dengan menggesekkan busur biola atau bow ke bagian dawainya. Terdapat empat jenis nada pada biola, yaitu G, D, A, F. Keempat itu juga menghasilkan frekuensi yang berbeda-beda.

Nada G adalah nada yang terendah dan nada E adalah nada yang tertinggi. Di setiap dawai memiliki sekrup yang mengatur longgar senar seperti pada alat musik gitar. Bagian ini disebut pasak penyetel.

Di catatan sejarah, penemuan biola dikaitkan dengan alat musik yang berjenis gesek yang berkembang di bangsa Mongol. Selain untuk instrumen orkestra, biola juga sebagai pengiring dari musik bergenre jazz, pop hingga keroncong.

Itulah tadi beberapa contoh alat musik melodis. Masih banyak sekali contoh alat melodis lainnya yang pasti memiliki keunikan dan nada yang berbeda pula. Kita juga perlu mengenal dan mengetahui alat musik melodis di Indonesia. Jika ingin mahir memainkan alat musik melodis tentunya harus sering belajar dan berlatih dengan tekun. Karena memang tak gampang bisa memainkan alat musik melodis.